Home Desa Sungai jati Kegiatan Posyandu Pandan Wangi dan Posbindu PTM di Dusun Rejo Sari RT002 Ub. Januari 2024

Kegiatan Posyandu Pandan Wangi dan Posbindu PTM di Dusun Rejo Sari RT002 Ub. Januari 2024

by admin
0 comment

Hari ini Kamis, 04 Januari 2024 Kader Posyandu beserta Bidan Desa Sungai Jati melaksanakan kegiatan rutinan Posyandu Bayi Balita dan Ibu Hamil Ub. Januari 2024 yang dilaksanakan Dusun Rejo Sari RT002 Desa Sungai Jati bertempat di Gedung Poskesdes Desa Sungai Jati. Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan upaya Pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan Ibu dan Anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Posyandu hanya melayani 1 (satu) kali dalam sebulan. Untuk lokasi posyandu di Desa Sungai Jati ada 3 Pos.

Pelayanan yang diberikan di Posyandu seperti biasanya penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala, evaluasi tumbuh kembang serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang. Hasil pemeriksaan tersebut di kemudan di catat di buku KIA atau KMS. Selain itu juga ada pemberian vaksin/ imunisasi pada anak dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk bayi dan balita yang melakukan pemeriksaan ke Posyandu. Sedangkan pelayanan yang diberikan posyandu kepada ibu hamil mencakup pemeriksaan kehamilan dan pemantauan gizi yang rutin mencakup pengecekan kesehatan ibu, pemantauan pertumbuhan janin, serta penyuluhan mengenai perawatan kesehatan selama kehamilan. Tak hanya pemeriksaan, ibu hamil juga dapat melakukan konsultasi terkait persiapan persalinan dan pemberian ASI. Dengan adanya layanan ini, diharap risiko komplikasi kehamilan dapat dikurangi dan ibu serta bayi yang dikandungnya dapat tumbuh sehat. Ibu hamil yang memeriksakan kehamilan rutin di Posyandu juga mendapatkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa susu kehamilan dan vitamin yang dapat menunjang selama kehamilan.

Setelah Kegiatan Posyandu berakhir, Bidan Desa beserta Tenaga Kesehatan Desa dan Tenaga Kesehatan dari UPT Puskesmas Mataraman lanjut melaksanakan kegiatan Posbindu PTM di Dusun Rejo Sari RT002 di hari yang sama. Kegiatan Posbindu kali ini pertama kalinya di Januari Tahun 2024. Pada pelaksanaan kegiatan Posbindu PTM kali ini, masyarakat sangat antusias memeriksakan kesehatannya. Pelayanan yang diberikan Posbindu PTM dasar yang meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, indeks massa tubuh (IMT) dan pengukuran tekanan darah, melakukan pemeriksaan gula darah, melakukan pengukuran kadar lemak darah (kolesterol), dan melakukan pemeriksaan asam urat. Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Melalui Posbindu PTM, dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di Masyarakat dapat ditekan. Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 25 tahun keatas.

Diharapkan dalam kegiatan ini dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat setempat, dan juga diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mereka sendiri serta tumbuh kembang anak-anak mereka.

You may also like

Alamat

Kantor Kecamatan Mataraman

Latest News

@2023 – All Right Reserved. Designed and Developed by DKISP