Heading Title
MARTAPURA,- Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan akan siapkan 23 posko rujukan dan 80 posko biasa untuk siaga dua hari menjelang pelaksanaan momen 5 Rajab, di Sekumpul Martapura.
Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinkes Huldani saat Rapat Besar Pemkab Banjar menghadapi kegiatan rutin malam Senin momen 5 Rajab, di Aula Barakat lantai 2 Martapura, Selasa (17/12/2024) siang.
Pada rapat besar yang dipimpin Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah tersebut, Huldani menjelaskan, 23 posko kesehatan rujukan diisi tenaga medis semua rumah sakit di Kalsel. Sementara posko biasa 80 buah diisi tenaga medis dari fasilitas kesehatan yang ada di Kalsel, dengan jumlah 10 tenaga tiap poskonya.
“Sejauh ini jumlah tenaga yang terdaftar 921 orang, semuanya berkompeten di bidangnya masing-masing,” jelasnya.
Huldani juga menyebut menyiapkan 6 ambulans air yang ada di beberapa area mulai Air Santri Murung Kenanga hingga Sungai Ta..
Posyandu Siklus Hidup Dari Balita, Remaja Hingga Lansia Di Desa Bawahan Seberang
Pada tanggal 16 Desember 2024 , warga Desa Bawahan Seberang disatukan dalam kegiatan penting Posyandu Siklus Hidup dari Balita, Remaja hingga Lansia. Acara tersebut secara khusus dihadiri oleh tim Poskesmas Mataraman yang membawa cahaya harapan untuk meningkatkan kesehatan komunitas setempat. Dibawah pengawasan langsung Pambakal Desa Bawahan Seberang, kegiatan ini menjadi simbol kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan bersama.
Mulai dari balita yang ceria hingga lansia yang penuh hikmah, semua kelompok usia turut serta dalam upaya menjaga kesehatan dan kualitas hidup. Posyandu tidak hanya menjadi tempat pemeriksaan kesehatan rutin, tetapi juga sarana penyuluhan tentang gaya hidup sehat, pola makan yang baik, serta pentingnya olahraga teratur. Remaja diajak untuk lebih peduli akan kesehatan mental dan emosional mereka, sementara lansia diberikan perawatan ekstra dan dukungan yang mereka butuhkan.
Melalui kegiatan ini, Desa Bawahan Seberang me..
IKS KABUPATEN BANJAR TUNJUKKAN HASIL POSITIF, NAMUN PERLU PERBAIKAN DI BEBERAPA DIMENSI
MARTAPURA – Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar, Nashrullah Shadiq, berharap agar hasil ekspose akhir penelitian mengenai Indeks Kepatuhan Sosial (IKS) di Kabupaten Banjar yang dilaksanakan pada Senin pagi (16/12/2024) dapat menjadi acuan penting untuk meningkatkan kualitas sosial di daerah ini. Harapan tersebut disampaikan saat membuka dan memimpin kegiatan, didampingi Kepala Bidang Litbang dan Inovasi, Nuri Ansyari, yang berlangsung di Aula Bauntung Bappedalitbang Banjar.
Menurut Nashrullah, IKS di Kabupaten Banjar perlu dikaji lebih dalam agar dapat memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai kondisi sosial masyarakat.
“Kajian ini melibatkan LPPM Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad al Banjari (MAB), yang kami harapkan dapat memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi pembangunan sosial di Kabupaten Banjar,” ujarnya.
Tim peneliti yang dipimpin oleh Hj. Mardiana dkk memaparkan bahwa penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif denga..
MARTAPURA,- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kirimkan logistik bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Senin (16/12/2024) siang.
Bantuan yang dikirim menggunakan 2 (dua) armada truk tersebut langsung diturunkan oleh personel BPBD dibantu para relawan yang tergabung di posko induk batingsor (banjir, angin puting beliung dan tanah longsor) di halaman gudang logistik BPBD Banjar.
Plt Kepala Pelaksana BPBD Banjar Agus Siswanto melalui Kepala Seksi Logistik Yanrinaldo Bachidie (Buyung) mengatakan, bantuan yang dikirim dan sudah diserahterimakan tersebut berjumlah 10 (sepuluh) item.
“Bantuan diantaranya ada sembako, makanan siap saji, peralatan dapur, perahu lengkap dengan mesin, pelampung, tenda, matras, gergaji mesin, pokoknya ada 10 itemlah,” ujarnya merinci.
Menurutnya bantuan tersebut disiapkan untuk masyarakat yang terdampak bencana. Baik bencana banjir, angin puting beliung, tanah longsor, kebakaran dan bencana lainnya.
Kasi ..
Menuju Daerah Tetib Ukur, DKUMPP Sosialisasikan Metrologi Legal di Murung Keraton
MARTAPURA, – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) menggelar Sosialisasi Metrologi Legal di Kelurahan Murung Keraton, Martapura, Senin (16/12/2024).
Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati mengatakan sesuasi UU No 2 Tahun 1981 pemerintah wajib melakukan standarisasi alat ukur dan timbang.
“Mengingat penggunaan alat ukur dan timbang penting dalam penguatan serta kepercayan publik. DKUMPP terus bersinergi dengan stakeholder terkait untuk melindungi hak-hak konsumen melalui kegiatan tera ulang, pengawasan, penyidikan dan sosialiasi metrologi legal,” ujar Made.
Made juga sampaikan terima kasihnya kepada Lurah Murung Keraton yang sudah mengusulkan pada Musrenbang beberapa waktu lalu.
“Semoga kerjasama ini dapat memberi manfaat bagi peningkatan indeks tertib ukur di Kabupaten Banjar dan masyarakat Murung Keraton menjadi contoh masyarakat tertib ukur bagi daerah lainnya,” harap Made.
Lurah Muru..
Pemkab Banjar Gelar Bimtek Peningkatan Service Excellent Pelayanan Publik
KARANG INTAN,- Reformasi birokrasi bertujuan untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, kinerja tinggi, bebas dan bersih dari KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar serta kode etik aparatur negara.
Hal tersebut disampaikan Sekda Banjar HM Hilman saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Service Excellent pada Pelayanan Publik untuk Mendukung Reformasi Birokrasi, di Bukit Bintang Park and Resort, Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan, Senin (16/12/2024) pagi.
Hilman mengatakan, reformasi birokrasi pada pelayanan publik merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui perubahan mendasar pada sistem penyelenggaraan pemerintahan. Reformasi birokrasi pada pelayanan publik dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, seperti pelayanan lebih cepat dan sederhana, waktu tunggu berkurang, masyarakat lebih puas dengan layanan pemerintah serta ki..